Tentang Bidan Delima
- Meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan di PMB.
- Meningkatkan kompetensi PMB berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktek kebidanan terkini.
- Mewujudkan PMB yang handal, kompeten dan profesional dalam pelayanannya melalui standarisasi dan kegiatan monev yang berkesinambungan.
- Mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi PMB dan pengguna jasa.
- Meningkatkan peran IBI dalam membina dan menjaga profesionalitas PMB.
Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan.
Arti Lambang Bidan Delima
Bidan
Petugas Kesehatan yang memberikan pelayanan yang berkualitas, ramah-tamah, aman-nyaman, terjangkau dalam bidang Kesehatan Reproduksi, Keluarga Berencana dan kesehatan umum dasar selama 24 jam.
Delima
Buah yang terkenal sebagai buah yang cantik, indah, berisi biji dan cairan manis yang melambangkan kesuburan (reproduksi).
Merah
Warna melambangkan keberanian dalam menghadapi tantangan dan pengambilan keputusan yang cepat, tepat dalam membantu masyarakat.
Hitam
Warna yang melambangkan ketegasan dan kesetiaan dalam melayani kaum perempuan (ibu dan anak) tanpa membedakan.
Hati
Melambangkan pelayanan Bidan yang manusiawi, penuh kasih sayang (sayang Ibu dan sayang Bayi) dalam semua tindakan/ intervensi pelayanan.
Bidan Delima melambangkan:
Pelayanan berkualitas dalam Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana yang berlandaskan kasih sayang, sopan santun, ramah-tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, dengan tindakan kebidanan sesuai standar dan kode etik profesi.
Struktur Organisasi Bidan Delima
Struktur Organisasi Bidan Delima Tingkat Propinsi
Struktur Organisasi Bidan Delima Tingkat Kabupaten/Kota
- Kebanggaan karena dapat memberikan pelayanan yang terstandar.
- Pengakuan dari berbagai pihak.
- Pelatihan dan pembinaan rutin.
- Promosi.
- Kebanggaan.
- Imbalan finansial (transport & insentif).
- Pelatihan rutin.
- Peningkatan citra organisasi/individu dan mitra.
- Membantu mitra dalam melaksanakan program kerja dan mencapai sasaran kinerja.
- Mendapatkan data/informasi akurat dan terkini mengenai kondisi kesehatan ibu dan anak.
- Wadah belajar dan praktek untuk peningkatan pengetahuan dan keahlian.
- Wadah untuk berkontribusi dalam peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak di Indonesia.